Tutorial Adsense Dan Cara Kerja SEO,Di kupas sampai tuntas pengertianya

LightBlog

Breaking

LightBlog

Friday, June 22, 2018

Rangkuman Materi Pembelajaran SEO Gratiss | Panduan Belajar SEO Pemula Terlengkap Part 1

Rangkuman Materi Pembelajaran SEO Gratiss | Panduan Belajar SEO Pemula Terlengkap.
panduan belajar seo gratis
panduan lengkap SEO


#Belajarseogratis

Panduan ini saya prediksi tidak kelar dalam 1 minggu dalam menulisnya,karena saya harus observasi dan memilih konten dan artikel yang baik untuk website ini dari sumber yang bisa di pertanggung jawabkan.



"sebelum membaca lebih jauh artikel ini ada wejangan untuk kita menentukan mainset berfikir dan belajar seo karena tanpa merubah pola pikir maka percuma kalian belajar SEO, jadi kalau kalian keberatan dengan pengantar di depan sebaiknya kalian cari materi panduan yang lain saja,materi ini saya tulis di akhir tahun 2018,belum mulai materi saja panjang artikel sekitar 300 an kata cukup untuk syarat minimal artikel google lihat screenshoot di bawah ini.saya mencoba membagikan materi SEO sebaik baiknya sesuai dengan algoritma google terbaru"


materi lengkap panduan seo pemula gratiss
materi seo untuk pemula

Pada Kesempatan ini saya ingin membagi informasi materi mengenai pembelajaran SEO untuk pemula secara rinci dan detail.

Materi Berupa rangkuman dari berbagai sumber yang saya ambil intisari panduan lengkap SEO dan pelajari.

Banyakanya Materi SEO membuat Pemula kebingun dari mana mereka harus belajar SEO salah memilih materi maka jangankan membuat website bisa tampil di halaman 1 google muncul di pencarian saja tidak.

Blogger pemula menelan mentah-mentah materi SEO secara instan yang dalam pikiran mereka adalah menciptakan laman tampil di halaman 1 google ini pemikiran salah.

kenapa saya bilang salah?

karena niat yang benar akan menghasilkan karya yang benar. kalau niatnya menampilkan halaman website di halaman 1 google maka niat ini sudah tidak benar.

terus gimana nit yang benar?


ini niat yang benar!!

kalau anda menjual product maka niat anda adalah" jualan laku"
kalau anda seorang penulis maka niat anda adalah "membuat artikel yang bermanfaat untuk pembaca"


ketika menjadi penulis hanya memikirkan website bisa tampil di halaman pertama maka kita akan mengabaikan yang namanya kualitas konten dan tulisan seo.

sekarang anda di posisi mana?gak mungkin gak ada di kedua -duanya!.

terus kenapa anda membuat blog dan cari informasi tentang seo.?

Algoritma Google terbaru memprioritaskan Kualitas konten jadi di tahun tahun kedepan siap siap saja bagi kalian yang sekarang di posisi utama dan tidak update artikel konten di laman website akan tenggelam dan tergantikan oleh konten yang lebih berbobot kualitas konten dan lebih detail dalam menjelaskan "Materi SEO".

Apakah Sudah Siap Menjadi Master SEO dan Menggeser Posisi Panduanim Di Mesin Pencari Google?

kenapa saya sebut panduanim karena panduanim termasuk salah satu tempat saya mencari materi pembelajaran saat saya kebingungan googling di internet.

panduanim selalu muncul di mesin pencarian, dan saya punya niat kalau saya ingin serius dan suatu saat nanti akan membuat konten yang bisa posisinya di atas panduanim.

maka terbitlah artikel pembelajaran SEO ini.artikel ini hasil dari sewaktu saya mencari guru berpetualang di google.

Mari kita mulai belajar SEO,harap simak baik baik bab-1 sampai bab-8

Panduan Belajar SEO Gratis Lengkap

Bab 1 #Pengertian SEO
Pada Bab Pengertian Search Engine Optimization (SEO) kita akan mengupas mengenai pengertian SEO,apa itu seo,cara belajar SEO.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, teknik usaha usaha mengoptimalkan website agar tampil lebih baik di mesin pencari seperti google,ada juga yang mengartikan teknik optimasi laman website agar bisa tampil di halaman 1 google.pointnya adalah mengoptimalkan halaman website agar bisa lebih baik syukur syukur tembus rangking satau seperti contoh di bawah ini;
belajar seo untuk posisi 1 google
perngkat 1 google
nah itu materi mengenai pengertian SEO secara garis besar,setelah belajar pengertian SEO saya harap kalian sudah paham.


jika belum paham maka coba anda Baca tentang Pengertian SEO yang materi terpisah dengan materi lainya

Artikel Terkait;
Apa Itu SEO

dalam link tadi di atas itu pengertian secara terpisah per bab ya gak seperti bab di artikel ini lengkap tentang SEO dari A sampai Z.

Jika kita sudah tahu gambaran tentang SEO maka Kita Lanjut belajar mengenai manfaatnya dan keuntungan.


sering saya googling berharap bisa menemukan jawaban atas permasalahan yang saya hadapi,namun ketika saya searching tidak mendapatkan point sama sekali disini kadang saya sedikit kesel,makalah tercipta laman ini,laman ini berawal dari kegundahan saya mengenai materi SEO.

#Manfaat dan Keuntungan SEO;


  • Menampilkan laman Website Di urutan lebih baik mesin pencari seperti google,yahoo,bing,...dll. tidak nutup kemungkinan kalau konten bagus bisa di peringkat 1 dan halaman 1 google.
  • Meningkatkan Traffik
  • Kelas Blog Akan Naik
  • Menciptakan Brand Baru (blog akan di kenal)
  • Blog Tetap eksis dan terkenal
  • Meningkatkan Pendapatan
itulah keuntungan dan manfaat dari SEO?apa anda makin minat belajar SEO setelah mengetahui manfaatnya?

jika iya lanjut membaca.

dengan menguasai SEO apa yang Bisa Kita Perbuat?

Banyak, jika kalian sukses menjadi praktisi SEO saya pastikan anda tidak nganggur.

haaa haaa haaa (itu pasti)

berikut hal hal yang bisa kita lakukan jika kita menjadi master atau pakar SEO;


  • Membuka Kursus SEO
  • Membuka Jasa SEO
  • Menjadi SEO profesional Penghasilan Puluhan Juta
  • Menjadi SEO spesialist Dengan Gaji Besar Hingga 100 an Juta
  • Memulai Bisnis Online
  • Berpenghasilan Besar Dari Rumah



Jika Anda Bisa Membuat 1 Kata yang populer dan mampu tampil di halaman 1 google maka anda akan kaya secara finalcial by kang-woto

tentu kata - kata itu tak hanya kata
rangkuman panduan SEO lengkap 2018
rangkuman SEO
#Membuka Kursus SEO

ngomongin Kursus SEO sekarang Sudah Menjamur di Internet Ada yang pasang tarif hanya alakadarnya namun juga ada yang tembus puluhan juta,

semua kembali ke anda, jika anda yakin dan benar benar memiliki keahlihan SEO dengan bukti mempunyai banyak konten yang masuk peringkat 1 sekali lagi inget peringkat 1 ya bukan halaman 1google maka silahkan pasang tarif sesuka anda.karena ini layak untuk anda.




#Membuka Jasa SEO
Pentingnya SEO di jaman internet ini,siapapun bisa membuka jasa SEO asal dia mempunyai kompeten untuk bidang ini, 

jasa seo bisa kita tawarkan ke  perusahaan yang hobi iklan di internet, itu tandanya mereka membutuhkan pasar.dan SEO hadir menjawab kebutuhan promosi itu.


saya mau sedikit cerita;inget OLX tahu kan dulu awal mula kita iklan gratiss, terus semua berbondong bondong, namun kini karena pihak OLX tahu manisnya dan mengetahui ladang Uang maka di jadikanlah itu ke akun berbayar, yang metodenya yang free hanya dapat kuota 1 email 1 akun dalam masa aktif 1 bulan.dan di tahun 2018 ada regulasi kebijakan baru di OLX yang pendaftaran iklan baru lagi di daftarkan kalau sudah 3 bulan apa gak keburu basi nih product ya kalau mau cepet bayar itu kata si doi , itu sah sah saja kan dia yang punya lapak, jujur awal saya suka iklan di olx karena gratiss ya bukan karena yang lain.
*singkat ceritasaya kan sedikit banyak sekarang ngeblog bikin website,buat apa masih iklan di OLex-olex itu,kenapa gak saya pertajam saja SEO yang saya miliki toh Kalau saya bisa menjadi master SEO jangankan OLX alibaba juga kalah dalam hati saya.

akhirnya saya mulai belajar seo siang malam,setiap kali belajar saya tulis di blog ini.

jadi simple kalau kalian mau menjadi master Seo Maka ikuti aja panduan saya ini,yang pecah - pecah ada yang rangkuman seperti ini juga slahkan di lahap.


#Menjadi SEO profesional
Anda minat dengan bekerja menjadi master seo di perusahan orang, jika gaji sesuai silahkan saja banyak kok yang gajinya sudah menembus kepala 5,namun untuk menjadi karyawan atau tenaga ahli seo di indonesia kurang sedap jika di banding di luar negeri.apalagi jika di banding di amerika tentu jauh sekali.

#Menjadi SEO Spesialist
Menjadi SEO spesialist anda bisa bekerja sama orang lain atau membuka jasa sendiri dari rumah itu bisa menjadi hak anda sepenuhnya.

yang jelas jika anda di posisi ini anda bisa mendapatkan pundi pundi rupiah yang mengalir deras bak air terjun.


#Bisnis Online

atau menjadi bisnis online bisa membuka jasa atau menjual product,atau minat menjadi makelar modern dengan metode jasa seo online belum paham? gini anda mencari perusahaan yang punya product anda tanyakan pada perusahaan apakah menerima kerjasama marketing freelance kalau terima anda buatkan website anda pasarkan via online dan gunakan keahlihan SEO anda jebol bukan semua tembus ke klien."itu jika kamu sudah master SEO".

Ada pertanyaan?
silahkan komentar.

#Berpenghasilan Besar Meski kerja Dari Rumah
Nah ini, semua orang pengin hal seperti ini. namun hanya 1 dari seribu yang mampu tembus ke posisi ini pilihan ada pada diri anda mau masuk ke posisi mana?

tentukan sekarang.

Bab 1 belum selesai sudah tembus 1300 kata dari 8 bab kira kira kapan ya selesai?
belajar seo pemula gratis
panduan SEO lengkap gratis





Alhamdulillah akhirnya dengan laman ini bisa menambah semangat ngeblog saya untuk memberikan arikel artikel berkalitas kedepan.

terima kasih akhirnya Bab 1 tentang Pengertian SEO selesia juga.jika bosen maka istirahat dulu ya belajarnya kalian bisa lanjut lagi nanti di bab 2 nya.

Mari kita memasuki Bab 2 belajar seo Panduan Lengkap Gratis.

Bab 2 #Riset Kata Kunci
Kata kunci (keyword) menentukan hasil pencarian di search engine atau mesin pencari (google,bing,yahoo.dll).selain judul dan artikel tatanan kata kunci dan bahasa perlu di perhitungkan dalam belajar seo untuk membuat artikel.

Ada yang sering bilang kalau kata kunci seperti urat nadi di mesin pencari jadi kalau tanpa kata kunci atau salah memilih kata kunci bisa berat dalam optimasi seo di mesin pencari,pendapat ini boleh saja.


Di materi website lain sudah banyak di bahas panjang lebar mengenai kata kunci (risearch keyword ) namun di blog ini akan berbeda dalam menyajikanya.

Siap Belajar Riset Kata Kunci?
Mari Kita mulai riset kata kunci untuk belajar seo

kata kunci sample aja!
jika kita memiliki kata kunci komputer maka kita bisa menambahkan kata "service komputer" jadi ketika orang menjadi kata service komputer maka laman website kita akan tampil sesuai kualitas konten kita.

atau untuk mencari kata kunci kita bisa menggunakan tool ini https://keywordtool.io/google silahkan kalian ketikan di kolom pencarian kata kunci contoh;
mencari kata kunci belajar seo
kata kunci
keterangan gambar:
jadi ketika saya memiliki kata kunci "belajar seo" dan saya ketikan di dalam kolom pencarian maka setelah saya klik search akan tampil kata kunci lain yang masih terkait dengan kata kunci utama saya "belajar seo".


kata kunci yang muncul di antaranya adalah sebagai berikut;


belajar seo
belajar seo youtube
belajar seo pdf
belajar seo blogspot
belajar seo otodidak
belajar seo wordpress
belajar seo online
belajar seo dan sem
belajar seo dari dasar
belajar seo instagram
belajar seo gratis lengkap


ada 144 kata kunci yang berhasil saya temukan hanya dengan hitungan detik,gak bisa saya copy semua disini nanti laman saya dikira keyword-stuffing , ini aja saya was was apakah masuk kategori keyword-stuffing padahal kan buat contoh. pertanyaanya kita akan menggunakan kata kunci yang mana? kan kata kunci yang muncul buanyak kali,makanya baca terus artikel saya untuk teknik selanjutnya di bahas di bawah ini.


3 Faktor Penting Memilih Kata Kunci Untuk Belajar SEO

  1. pilihlah kata kunci yang populer (jika anda belajar di saya maka akan kebalikanya saat anda belajar diluar nanti saya jelasin di bawah materi ini.)
  2. PIlih kata Kunci yang persainganya rendah (kalau ini sama)
  3. Gunakan Kata Kunci Pendek (Sortail keyword) 
Penjelasan dalam memilih kata kunci.
kenapa harus saya jelaskan karena materi ini berbeda dengan materi yang di luar.

tujuan saya belajar SEO adalah untuk menghasilkan pendapatan besar,tapi saya tahu caranya sebelum mendatangkan uang besar.

contoh: pendapatan harus melalui tahap traffik tinggi,traffik tinggi melalui artikel berkualitas yang tampil di halaman 1 google,halaman 1 google harus melewati masa belajar yang rumit dan beda ma yang lain ini kuncinya.

karena jika sistem pembelajaran kalian masih sama ma yang lain  maka kapan anda akan berpendapatan besar?

Penjelasan 1 kalau di luar di larang menggunakan kata kunci populer di sini wajib menggunakan kata kunci populer,materi menghindari kata kunci populer untuk pemula tidak salah dan sah sah saja.ini jika kalian ingin hasil yang biasa.

kata kunci populer menghasilkan traffik tinggi kalau kita mampu bersaing dengan para senior?hi...kita sudah kepalang basah masak iya udah kecebur di kolam air masih takut basah?kan lucu.

senior adalah lawan yang harus di lawan. kalau kita ngalah berarti udah kalah.kalau kita terus ngalah terus kapan kita akan menjadi pemenang?

coba kalian pikir dah, kalian pengin penghasilan besar tapi kalian memilih keyword yang tidak populer karena takut kalah sama senior?ini sama aja pengin uang tapi gak mau kerja.sama aja!!!

pesan saya belajar SEO jangan tanggung-tanggung jangankan senior google sekalipun wajib kamu lawan.

tapi melawan jangan hanya dengan tangan kosong,kalian harus tunjukan bahwa kalian sudah memiliki keahlian dan skill untuk bertanding SEO,layaknya pakar SEO.

SEO bukan instan kita mendapatkanya seo itu, butuh belajar dan praktik secara terus menerus,dan siapapun mempunyai kesempatan yang sama dengan kita.

Penjelasan 2 sepertinya ini tidak perlu di jelasin karena sama saja dengan materi orang - orang memilih persaingan rendah memang wajib karena ibarat membeli jika ada yang lebih murah kenapa tidak jika barangnya dengan kualitas sama.

Penjelasan 3

Menggunakan kata kunci pendek nah ini juga berbeda dengan yang lain,penjelasan kurang lebih sama ma no 1.

target kita di earning kan maka jangan tanggung-tanggung, kalau kita belum bisa SEO mending Belajar SEO dulu baru membuat artikel benar benar.

sebelum menjadi ahli SEO belajarlah menulis artikel untuk praktek dan sampai benar - benar bisa.

kalau kalian belajar materi yang biasa-biasa aja maka saya pastikan hasil kalian juga akan biasa - biasa aja.

jika senior sudah menulis kualitas c dalam menyusun artikel maka kamu jika ingin bersaing minimal kualitas artikel dan konten laman website kamu harus dengan kualitas B, ini baru bisa 1 posisi di atas senior kamu."semoga paham".



Bab 3 Cara Memesan Hosting Dan Domain Sesui SEO


Baca: artikel ini bisa kalian dapatkan di pecahan bab khusus pemesanan domain website


Disini saya merekomendasikan 1 hosting penyedia domain dan hosting untuk contoh karena disini saya mempunyai pengalaman baik akan tetapi nanti saya kasih tahu tips memilih jasa hosting yang baik dan bagus.




Cara Memesan Domain.
1.Kunjungi Jasa webhosting disini saya mencontohkan menggunakan rumah web silahkan kunjungi link penyedia rumah web disini
kemudian silahkan daftar menggunakan gmail seperti pendaftaran sosmed lain. jika sudah selesai daftar silahkan login langsung setelah berhasil login kalian bisa melihat tampilah sesuai gambar di bawah ini silahkan isi nama domain yang ingin sobat bikin (usahakan sesuai dengan nama bisnis agar seo frenly) misal kalau saya domainsaya.com cukup di isi domain saya.
cara memesan domain belajar seo
gambar1.cara memesan domain belajar seo
2.Kalau sudah di isi kotaknya dengan nama domain yang sudha kalian tentukan usahakan sesuai bisnis ya, kini saatnya menentukan domain apa sih yang cocok contoh co, atau .net dll disitu kan banyak opsi bisa kita pilih salah satu ya.lihat gambar.


cara order domain belajar seo
gambar2.cara memesan domain

3.Nama domain dan harga pasti muncul seperti ini jadi ada opsi lagi untuk mempertimbangkan harganya.jika kita pemula cukup cari yang murah dahulu.kalau untuk bisnis silahkan pilih sesuai kebutuhan ya.karena rego nggowo rupo.
beli domain murah
gambar3.cara memesan domain
4.Untuk langkah selanjutnya kita bisa login untuk pemesanan ini login pengisisan data.login bisa kita lakukan denga facebook gmail atau twitter,biasanya menggunakan email gmail saja.
cara memesan domain belajar seo
gambar4.cara memesan domain
5.kita bisa pilih lokasi server dan pilih hosting jika ingin menambah product jika kalian belum tahu hosting klik disini pengertian hosting



cara memesan domain belajar seo
gambar6.cara memesan domain
6.Dari total keseluruhan akan ada harga yang tampil disini tinggal cek out aja nanti akan ada konfirmasi pembayaran akan hal ini biasanya melalui trasfer dan ATM
order domain
gambar7.cara memesan domain
jika kalian masih bingung kalian bisa hubungi saya untuk saya orderkan domain. saya bantu anda

kita sudah belajar mengenal Apa itu domain & top level domain maka untuk selanjutnya mungkin kita bisa membahas mengenai Pengertian Hosting dan apa itu Hosting dan cara order hosting yang bagus untuk SEO.




tapi tips memesan domain ini untuk kalian yang tidak ingin membeli hosting ya,contohnya ini dilakukan oleh seorang blogger pemula.

jadi dia hanya beli domain seharga 150 ribuan dan hosting induk ke bloggernya.ini memang menghemat biaya.

namun untuk pembisnis ini tidak di sarankan,selain resiko di hapus dari google juga kurang bagus dalam segi kapasitas.

untuk bisnis mending tips yang ke 2 kali ya di tips memesan atau membeli hosting, karena kalau kita membeli paket hosting tertentu itu domain sudah includ di dalamnya jadi kita hanya memesan hosting saja domain sudah ikut.

"sekali dayung 2 pulau terlampui"



Cara Memesan Hosting
dalam membeli dan memesan hosting juga harus jeli dan teliti dalam memilih tempat yang tepat.

kenapa harus memilih tempat yang tepat?
karena ini menunjang 1 tahun kedepan bisnis kita, jadi ini masa depan bisnis perusahaan.

Paket Mana Yang Cocok untuk dipilih,yang murahkah?
untuk pemula dan blogger pelajar ya.
kalau untuk pembisnis dan perusahaan jangan,belilah hosting yang profesional sesuai kebutuhan perusahaan.

misal perusahaan anda 20 user komputer maka belilah pakaet hosting yang mampu mencangkut minimal 50 user.



Cara Order Hosting



Cara Order dan Daftar Hosting di web hosting rumah web
1.Kunjung alamat rumahweb penyedia hosting contohnya link di atas itu atau lihat gambar daftar hosting
daftar hosting
daftar hosting
2.Silahkan login kalau belum punya akun kalian bisa login via gmail untuk mendaftar.


daftar hosting
daftar hosting
3.Memilih Paket Hosting sesuai kebutuhan bukan keinginan
memilih paket sesuai kebutuhan
memilih paket
3. Silahkan pilih paket sesuai kebutuhan perusahaan anda. jika anda pemula pilih personal saja.untuk order klik link



order hosting berkualitas
order hosting
4. jika sudah memasukan sesui nama maka tinggal pesan chek out
pesan hosting
pesan hosting
dah selesai cara pemesanan hosting sekarang tinggal pengoperasianya saja.

pastikan lagi paket hosting yang dipilih sudah include domain jadi kalian tidak perlu membeli domain karena sudah mendapatkan bonus domain.

ini tampilan hanya di web hosting rumah web ya,untuk penyedia jasa web hosting lainya akan berbeda tampilan namun konsepnya sama silahkan di atur saja dan di sesuaikan, 

silahkan saja pilih sesuai keinginan kalian prepare kemana akan menaruh hosting website kalian.

pilih hosting yang sudah bagus pelayananya, lebih baik mahal sedikit tapi terjamin keamanannya usahakan 24 jam website tetap online.

banyak penyedia hosting yang hanya mementingkan bisnisnya tanpa mementingkan pelanggannya,kalau saya prepare ke web hosting rumah web.



Tips memilih Hosting
memilih web hosting adalah sebuah keseharusan untuk pengguna website karena website tanpa hosting tak akan pernah ada.berikut beberapa Tips memilih Hosting

  1. Hardisk untuk penyimpanan data / disk space
  2. banwidth
  3. Add on domain
  4. Softaculous support
  5. Gratiss Domain
  6. Jumlah Akun Email
  7. Jumlah Sub domain
  8. Gratiss Ssl
  9. Dukuangan Teknis 24/jam
  10. Ada c panel
  11. Harga
  12. Testimoni
  13. Garansi
  14. Uptime Server
  15. Lokasi Server (negara server berada)
  16. Upgradsable Dan Downgradable (pembaharuan)
  17. Jumlah pelanggan (populeritas)
  18. Layanan Backup Dan Restore (keamanan data)
  19. Kecepatan akses 

Pengertian bisa kalian akses dan googling sendiri atau suatu saat nanti saya buatkan artikel mengenai pengertian masing2 tips memilih hosting.

Pengertian Disk Space Hosting;
Disk Space adalah Media penyimpanan hosting bahasa enaknya hardisk kalau di komputer, kalau di web hosting kita sebut disk space,disk space ini digunakan kitaa untuk menyimpan file dan konten website serta gambar2 website.

memilih disk space harus di sesuaikan dengan konten dan file yang akan kita upload didalamnya semakin besar file dan gambar yang akan kita tampilkan di website maka seharusnya disksapce yang kita butuhkan yang besar pula

Akibat salah milih disk space?
apa akibatnya jika kita salah memilih akibat yang di timbulkan sangat fatal karena konten dan file yang dibutuhkan tidak bisa di upload ke internet (website kita) dan kalau apesnya lagi website kita down, sama sekali tidak bisa di akses karena keterbatasan penyimpanan file dan konten tadi.

Pastikan lagi hosting yang akan kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan,jika terlalu besarpun tidak baik karena hanya menghambur2kan biaya untuk penyewaan saja sedangkan harganya sangat mahal untuk menyewa web hosting



Pengertian Banwidth Web Hosting
Banwidth adalah jumlah akses data bahasa enaknya kuota kali ya biar kalian paham, jika ada layanan hosting website menawarkan banwidth dengan kapasitas 1gb per bulan, dan website anda lamanya di muat 1 mb dan pada hari itu ada 10 akses maka banwidth atau kota website anda pas di bulan itu berkurang 10 mb jadi 1 Gb - 10 Mb maka hasilnya 990MB kurang lebih kayak kuota kali ya

jangan khawatir sekarang ada kok website yang menawarkan jasa penyewaan hosting dengan banwitdh Unlimitid, jadi berapapun user yang akses situs kalian tak akan terpengaruh dengan banwidth

maka pilihlah penyedia layanan yang menyediakan paket ini.


Add On Domain 
Adalah Domain Yang di arahkan ke sub directori website.sehingga domain tersebut akan menampilkan isi dari sub direstori sebuah website.

Softaculous support
softaculous support adalah Support tiket system pelayanan support melalui ticket


Gratis Domain

Adalah Ketika kita order hosting maka did alamnya sudah include domain jadi kita tak perlu order domain lagi karena gratiss.

Jumlah Akun Email
adalah jumlah total dari email yang bisa kita bikin di hosting

Sub Domain
Sub dari sebuah domain misal alamat website anda www.dokter-it.com maka untuk sub domainya adalah lassercutting.dokter-it.com nama nama sub domain laseercutting domain utama dokter-it nah gitu maksudnya.

kalau saja jelasin maka akan panjang lebar sekali mending tutup aja kali ya tentang hosting.

Dari pada kepanjangan dan melantur kemana aja mending bab 3 saya tutup saja dan lanjut ke bab selanjutnya.




Bab 4. Teknik Membangun Website Yang Power Full SEO



Dalam membangun website kita perlu merumuskan website dengan platfon apa yang akan kita bangun kali ini untuk praktek kita menggunakan wordpress saja ya,kalau di prakteknya tergantung selera kalian saja.

rekomendasi dari saya 2 platfon saja ya untuk membangun situs website;

1.Wordpress
2.Blogger atau Blogspot

karena disini nantinya ada materi plugin makanya saya menggunkan wordpress untuk prakteknya.

Tutorial Install Wordpress Di Cpanel | Cara Install Wordpress.

1.Login Ke Cpanel Webhosting yang sudah kalian pesan
saya anggap kalian sudah memiliki Hosting semua.lihat gambar;
tampilan cpanel wordpress
masuk cpanel dan pilih wordpress
silahkan klik icon wordpress.


2. Langkah Ke 2 klik install pada menu button wordpress
install wordpress
install wordpress

3.Pilih Cp dan Domain berada,kalau kalian cuma ada 1 domain bisa skip aja tahap ini,tapi kalau ada domain dan sub domain silahkan pilih sesuai keinginan anda untuk di install ke domain mana?
memilih domain untuk install website
pemilihan domain

4.Seting Deskripsi dan head website,dan create user dan password login administrator.
membuat deskripsi wordpress blog
deskripsi wordpress
5.Pemilihan Template,pemilihan ini bisa di lewati bisa di belakang dalam menentukan template wordpress,lalu klik install
template wordpress
memilih tema
6.Selesai Install wordpress
install  wordpress
install  wordpress


7.Website Jadi dan sudah tampil
website sudah tampil
website sudah jadi



akhirnya proses installasi wordpress sudah selesai,dan website sudah tampil.


Materi Belajar  memilih template wordpress yang SEO

1.login ke administrator website kalian masing masing lihat dasborad di bawahnya ada apperance pilih theme dan akan tampil banyak thema seperti di kana gamabr2 itu,disini kalian bisa memilih add new atau pilih salah satu jika menurut kalian sudaha da disitu.
memilih thema wordpress
memilih thema wordpress
2.Langkah ini adalah mencari thema yang ingin kalian pasang,jika belum punya ide bisa mencari berdasarkan populer,dll 

kalau sudah ada ide silahkan isi di kotak pencarian sesuai nama thema seperti contoh di bawah ini,kalau sudah maka tinggal klik install dan klik lagi aktifkan maka template baru aktif,maaf kalau saya hanya menampilkan 2 gambar karena laman ini sudah terlalu banyak gambar.
cara install theme wordpress
Install wordpress template 
materi memilih dan mengganti thema sudah selesai


Teknik Seting Website Agar sesuai Dengan Google

mohon maaf untuk penjelasan gambar saya kurangin ya untuk lebih detail kalian bisa pelajari yang per topik saja nanti saya buatkan lebih rinci

ini baru bab 4 tapi sudah begitu banyak gambar nanti takutnya website ini tidak bisa di load kan sayang materinya.

untuk materi topik seting website adalah;
Create Page menu wordpress
Create Post wordpress


Panduan Membuat Post Di Wordpress Untuk Belajar SEO

1. Kunjungi administrator website kita biasanya seperti ini http://www.namadomain.com/wp-admin silahkan login 
masukan user nama dan pasword yang sudah kalian create sewaktu installasi,lupa lihat panduan di atas.
cara membuat post wordpress
cara membuat post wordpress
2.klik tombol 1 (dasboard),lalu pilih post klik add new
membuat post wordpress
membuat post wordpress


3.Memberi Judul Post Wordpress agar sesuai SEO,isi sesuai gambar no 1 untuk judul,no2.link url post yang nantinya akan di tampilkan di menubar, no 3 isi konten artikel post wordpress.
pemberian judul wordpress
pemberian judul wordpress
4.Seting Menu:Categories,Taqs,layout,image gambar yang tampil.

no1 dan 2.Catagories untuk mengelompokan berdasarkan Categories
no3.tags : Untuk label konten bisa di bilang kata kunci no3. layout letak dari post kita,no 4.gambar tampil di icon preview depan.silahkan sesuaikan saja sesuai selera untuk tampilan.

 seting categories,tags dan layout wordpress
seting categories,tags dan layout wordpress
5.Klik tombol Publish kalau sudah selesai
seting seo wordpress
seting seo wordpress
6.Post Website sudah Tampil seperti gambar di bawah ini;

seting seo wordpress
seting seo wordpress

Panduan Membuat  Page Di Wordpress Untuk Belajar SEO

cara ini hampir mirip dengan post sama persis,

1.kalau di post kita pilih post maka di page kita pilih page,page ini yang  nantinya untuk menu di blog kita
caranya klik no1 page lalu pilih add new.lihat gambar.

panduan seo belajar membuat page wordpress
panduan seo belajar membuat page wordpress
2.
seting menu page wordpress Isi Judul dan isi deskripsi serta seting seperti post tadi khusus no 4. ini dugunakan untuk menu indukan di wordpress coba-coba aja untuk mengetahui fungsinya dan silahkan publish kalau sudah selesai
seting menu page wordpress
seting menu page wordpress

Tips Install Dan Seting Plugin SEO Wordpress


kali ini kita masuk materi plugin bab terakhir dari bab 4, untuk memilih plugin disini saya rekomendasikan plugin YOAST

Tutorial Install Yoast
Masuk Dasboard - Klik Plugins - Pilih Add new-ketik Yoast di colom pencari - install yost.

untuk lebih detail dan mudah di paham silahkan lihat gambar installasi yoast.
cara install plugin yoast
instalasi yoast
Cara Seting Plugin Yoast Agar Super SEO


Untuk pengaturan Yoast ada dasar dan advance kalau untuk dasar silahkan kalian pelajari sendiri karena konsepnya hanya memasukan alamat url medsos kalian ke form input yoast,seperti topic di bawah ini di antaranya;



  1. pengaturan general yoast
  2. pengaturan title dan metas yoast
  3. pengaturan sosial yoast
  4. pengaturan search console yoast
  5. Pengaturan Categories yoast
saya yakin kalian bisa,hayuhh semangat dong.

jadi disini saya hanya ingin membahas cara penggunaan yoast pada post dan page wordpress saja.

harap di maklum karena saya kejar bab 8 dan ini masih bab 4.

kalau saya paksakkan nanti loading laman ini makin berat kan sayang sekali.atau silahkan tunggu versi pecahan babnya karena nanti juga akan saya buatkan yang per topic untuk belajar seo.

ok mari kita belajar seting SEO di yoast untuk megoptimalkan SEO laman post kita.

Masuk Dasboard - Post - All Post nnanti akan tampil seperti gambar
seting plugin yoast untuk super SEO
seting plugin yoast untuk seo
anda fokus pada kotak merah yang saya kotakin, disitu ada 3 kotak kotak pertama menu post dan all post kotak kedua tentang post yang kita buat nah di post inilah kita klik edit dan nantinya kita akan seting disini kotak 2.


kalau kotak 3 hanya indikator lampu saja jika belum menyala maka ada setingan yang masih kurang tepat namun jika lampu sudah nyala hijau setingan sudah paling maksimal.
lihat gambar dan uraian setingan lihat gambar setingan plugin super seo di bawah ini;


cara seting yoas super SEO
setingan yoast super SEO
fokuslah pada kotak yang sudah saya merahkan.

Teknik SEO ON Page dalam blog dan website

teknik seo onpage ini topik terakhir di bab 4 tentang belajar seo pemula

Pengertian SEO ON Page adalah Optimasi sebuah Halaman website dan blog untuk mesin pencari seperti mesin pecari (google,yahoo,bing,dll....).

Baca : Pengertian Seo Onpage Yang pernah saya tulis secara detail
KOnsep SEO di Bagi menjadi 2 yaitu ON Page SEO dan OFF Page SEO


namun untuk topik kali ini hanya onpage seo saja yang akan saya bahas disini.

ON Page SEO adalah optimasi dari dalam laman page atau blog itu sendiri apa saja yang bisa kita lakukan dengan teknik ini?banyak sekali.

13 Daftar Komponen Onpage SEO Blog dalam Belajar SEO

kalian bisa atur 13 komponen berikut untuk optimasi seo secara Onpage berikut datanya;

  1. Judul
  2. Url atau link laman
  3. Meta Description
  4. Keyword
  5. Konten
  6. Link
  7. Outbound Link
  8. Alt Image 
  9. SOsial Media
  10. Template
  11. Speed Website
  12. Sitemaps.xml
  13. Robot.txt


saya kira kalian sudah paham semua mengenai hal ini, namun untuk lebih afdol akan saya jabarkan sedikit demi sedikit.

1.Judul
Dalam membuat artikel pasti ada judul karena judul ini nantinya yang akan menjadi otak sebuah laman.

dalam membuat judul tidak boleh sembarangan jika kalian ingin belajar onpage seo karena dalam membuat judul juga ada caranya.

cara membuat judul yang sesuai bagaimana sih?membuat judul yang sesuai adalah harus disisipi kata kunci nah ini satu kunci sukses ngeblog.

contoh:
jika kita menarget kata kunci kursus seo maka kita membuat judul bisa seperti ini "Jasa Kursus SEO Profesional"

kata kunci kursus melekan pada judul. ini bisa jadi bom traffik buat blog kita.

2,Url Atau Link Laman Post Blog

Apa sih URL itu url adalah link laman post kita untuk lebih jelas lihat gambar saja;
url blog belajar seo
contoh url blog

dalam membuat laman di pastikan yang tertulis di url ada kata kunci target kita seperti contoh di gambar ada target belajar seo dari saya maka saya buat demikian.


semoga membantu ya?

3.Meta Description
Meta Description adalah deskripsi singkat laman blog seperti di toko online kita menemukan barang dan ingin tahu detail barang nah itu deskripsi kurang lebih sama seperti itu,

saya gak suka nulis yang bahasanya tinggi - tinggi dan membuat pusing saya suka menulis yang saya tahu maka dengan itu saya contohkan saja via gambar seperti ini kalau di blog.
contoh description
contoh description

4.Keyword
Keyword atau kata kunci, saya rasa sudah tahu semua kalau kata kunci jadi saya hanya bilang di setiap setingan yang sudah kalian pahami kasih kata kunci,untuk menanamkan kata kunci jangan lebih dari 3 kata kunci setiap artikel yang banyak katanya kurang dari 500 kata (berbahaya bisa di sebut keyword suffing)

5.Konten

Konten, adalah badan dari seluruh laman bisa dibilang isi, kalau menulis konten harus benar benar bisa di mengerti dan di pahami pembaca,

menulis sekali belum bisa di pahami pembaca wajar,saya pun demikian.

menulis 2 kali masih membingungkan pembaca masih wajar saya juga demikian

menulis 3 kali masih blepotan masih wajar saya apa lagi

jadi untuk membuat konten kualitas kalian hars terus mengasah kemampuan tulisa kalian hingga kalian tahu tekhnik menulis artikel yang benar.

Baca:Menulis artikel yang benar dan baik di mata google dan pembaca

disini saya ingin berbagi mengenai procedure menulis artikel;

  • Jujur
  • Jangan Langgar TOS google
  • Jangan Copy atau mencuri artikel orang lain dosa
  • Jangan iri pada blog yang berjaya
  • Tulislah artikle untuk pengetahuan bukan untuk mendatangkan uang
  • Bantulah sesama
  • Niat yang baik
  • sering mampir kesini ya heeee yang terakhir bonus alangkadarnya



6.Link
Link adalah jembatan penghubung dari laman 1 ke laman lain atau dari website 1 ke website lain

untuk mempelajari lebih dalam link bisa akses pengertian Link
7.Outbound Link
Adalah link yang berada di blog kita namun menuju ke blog atau website lain untuk lebih detail penjelasan bisa nanti kita bikin topic mengenai link jenis ini.

8.Alt Image
adalah keterangan nama pada gambar contoh seperti berikut;
alt image belajar seo
alt image belajar seo


9.Sosial Media
ini adalah tempat kita sharing artikel kita ke public artikel kita butuh di informasikan ke public bisa,facebook,twitter dan kaskus atau forum forum lainya.

10.Template
Template kita bisa memilih template banyak sekali bertebaran yang gratiss namun gunakan template powerfull mobile frendly.

11.Speed Website
kecepatan website sangat penting,percuma memiliki website di peringkat 1 namun website berat loadingnya,ujungnya visitor akan kabur karena gak sabar menunggu loading lama.

12.Sitemaps.xml

adalah rujukan mesin pencari melakukan crawling kalau belum paham insya allah akan saya bedah nantinya.

13.Robot.txt
Berfungsi untuk robot mesin pencari mengakses situs blog kita, sebelum google melakukan crawling.

mohon maaf bila ada salah kata dalam menulis terima kasih kepada blogger senior yang menginspirasi saya dalam membuat artikel Belajar SEO meski artikel ini belum rampung saya sangat berterima kasih sekali.

alhamdulillah puji tuhan akhirnya bab 1 sampai bab 4 selesai .

untuk bag 5 sampai Bab 8 akan di bahas di artikel Belajar SEO Pemula Part 2

1 comment:

\\scriptkomentardibawah ini